Park Ji-sung

Posted: April 11, 2008 in Profil

Membawa Energi Asia

Nama Park Ji-sung sempat tenggelam akibat cedera lutut menjelang akhir musim lalu. Sekarang daratan Inggris dan Benua Eropa teringat kembali pada sosok gelandang lincah yang berjasa mengantar PSV Eindhoven ke semifinal Piala Champion 2004/05 itu.

Salah satu pahlawan Korea Selatan di Piala Dunia 2002 ini terus menunjukkan grafik permainan yang menanjak setelah kembali dari operasi lutut Desember tahun lalu. Sinyalemen kuat kedatangannya terjadi Maret kemarin, di mana ia berhasil menceploskan sebuah sundulan indah ketika melawan Fulham di Craven Cottage.

Kontribusi Park di pertandingan setelah itu juga signifikan. Melawan Roma (1/4) di Liga Champion, ia dipercaya sebagai starter dan menyumbang assist pada Rooney. Begitu juga dalam lawatan ke Middlesbrough, Minggu (7/4), ia memberi umpan ke pemain yang sama.

Seperti mayoritas orang Korea yang kondang akan etos kerjanya dalam dunia bisnis, pemain ini juga terkenal dengan karakteristik kerjanya yang tinggi di lapangan hijau.

Karakter permainan yang ngotot dan kemampuannya untuk bermain di berbagai posisi di lapangan tengah mendapat nilai tambah dari Sir Alex Ferguson. Sang pelatih menyukai pemain yang dapat bermain di lebih dari satu posisi.

Park dapat membantu penyerangan dari tengah ataupun melebar ke sayap. Sir Alex bahkan tidak jarang memakainya sebagai penyerang lubang seperti ketika menghadapi Fulham.

“Park pemain yang dapat mengikuti permainan dengan alami, ia terus bergerak dan melakukan penetrasi ke daerah pertahanan lawan,” cetus Ferguson kepada Sky Sports. “Ia membawa banyak energi untuk tim dan itu sangatlah baik” tambahnya.

Dari segi profesionalitas, pemain ini tidak perlu diragukan lagi, bahkan ketika ia baru memulai karier. “Park mungkin pemain terkecil di tim saya, tetapi ia sangat menjaga kebugarannya. Tidak ada yang dapat menandingi etos kerja dan kedisiplinannya. Saya tidak pernah ingat dia telat atau bolos latihan,” ujar Lee Hak-jong, pelatih Park semasa di bangku SMA, di Korea.

Saatnya Kembali

Ketika Park menjalani operasi lutut pada tahun 2007, Sir Alex melakukan pembelanjaan besar untuk lini tengah. Nani, Andersson, dan Hargreaves pun tiba. Selama masa rehabilitasi yang mencapai sembilan bulan itu, Park merasa waswas karena Nani dan Andersson menempati posisi di mana ia bermain.

Namun, selayaknya pemain yang mempunyai daya juang tinggi, ia tidak mundur ketika cobaan muncul. Kepada pers, pria dengan tinggi 175 cm itu mengatakan siap memasuki persaingan secara sehat.

Ketika mendengar berita bahwa Nani telah bergabung dengan United, Park berkata, “Nani menempati posisi yang sama, tapi saya yakin bisa bersaing mengisi tempat utama dengannya.”

Saat ini, Sir Alex memiliki banyak pemain, ditambah lagi ia tetap percaya pada dua pemain senior, Giggs dan Scholes. Ferguson pun menerapkan sistem rotasi. Inilah momen yang dapat dipakai Park untuk menunjukkan dirinya masih layak tampil di lapangan tengah The Red Devils.

“Saya telah kembali dan akan sangat menikmati bermain sekaligus membantu tim berprestasi. Semoga saya bisa memberi kontribusi lebih banyak lagi di masa depan,” tutur pemain yang dibeli seharga 4,5 juta pounds dari PSV Juni 2005 di situs resmi Man. United.


DATA DIRI
————————–
Nama Lengkap: Park Ji-sung
Tempat/Tanggal Lahir: Seoul, Korea Selatan/25 Februari 1981
Tinggi/Berat: 175 cm/75 kg
Posisi: Gelandang serang/sayap kiri, kanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s