Ketika Cemburu Itu Diperlukan

Posted: March 5, 2012 in Catatan Harian
Tags:

CEMBURU itu bumbu, meski kadang menyimpan rasa sakit bahkan dendam, namun dengan kadar yang pas, cemburu dibutuhkan untuk mengetahui seberapa besar cintanya pada Anda.

Rasa cemburu wajar hadir seiring perasaan cinta atau sayang terhadap pasangan. Sebuah rasa takut kehilangan pasangan atau yang lebih parah kehilangan cinta itu sendiri.

Anda hanya perlu mengontrol seberapa kuat bisa melawan perasaan itu. Rasa cemburu yang dikelola dengan baik, justru bisa memunculkan perasaan hangat yang teraliri dalam jiwa, bahkan hadirnya bisa menepis debat sengit yang berpotensi menghancurkan hubungan.

Lalu, mengapa cemburu itu perlu? Munculnya rasa ini adalah tanda bahwa Anda benar-benar peduli dengan pasangan. Sinyal tubuh mengirim respon, ada suatu hal yang membahayakan dirinya.

Inilah bentuk dari perlindungan diri yang reflek terjadi. Rasa ini akan berkembang menjadi hal yang baik, yang terdorong perasaan ingin melindungi pasangan dari ancaman bahaya.

Jadi, apa yang harus dilakukan saat cemburu itu hadir? Jangan dulu menyalahkan. Bijaknya, bertanyalah lebih dulu. Beri kesempatan ia menjelaskan. Katakan bahwa tak pernah ada keinginan untuk memancing pertengkaran, hanya niat untuk melindungi hubungan.

Ini dia, lima pertanyaan mengandung kadar bahaya
1. Apakah ia tertarik secara seksual pada wanita itu?
2. Apakah Anda menemukan pasangan berfantasi dengan wanita lain?
3. Apakah ia merasa tertarik secara emosional dengan wanita lain?
4. Apakah ia membuka diri dan berbagi informasi pribadi dengan wanita lain?
5. Apakah sesuatu terjadi antara ia dan wanita lain yang disembunyikan?

Melalui sejumlah pertanyaan itu, mainkan logika untuk menilai apakah rasa cemburu itu sinyal serius atau hanya cemburu buta. Jika ternyata cemburu itu tak beralasan, jangan malu untuk meminta maaf terlebih dulu.

Dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s