Cerdik Gunakan Kartu Kredit Anda

Posted: February 6, 2012 in Catatan Harian
Tags: ,

Kartu kredit seperti godaan yang menggiurkan. Tinggal gesek, pembayaran Anda dimanapun berjalan aman dan nyaman. Tak hanya itu, kartu kredit menawarkan banyak potongan harga di berbagai toko, resto atau hotel. Namun, dibalik itu semua, kartu kredit bisa pula mendatangkan masalah jika Anda tidak bijak menggunakannya.

Anda dibuat terlena karena pemakaian kartu kredit yang mudah membuat Anda terus menggesekkan kartu kredit tanpa menghiraukan kewajiban yang harus dibayar di akhir bulan. Tak disadari, tagihan kartu kredit sudah terlanjur membengkak.

Berikut ini tips menggunakan kartu kredit secara bijak.
1. Bayarlah penuh tagihan setiap bulannya. Bunga kartu kredit sangat tinggi, jadi jangan menunda membayar tagihan agar tidak dikenakan bunga yang berlipat-lipat.

2. Jangan dulu merasa aman karena ada kartu kredit lalu Anda membeli barang tanpa menyesuaikan dengan budget atau dana yang Anda dimiliki. Jika Anda tidak ada dana dalam bentuk uang cash, sebaiknya jangan gunakan kartu kredit. Pastikan Anda masih memiliki sisa dana untuk melunasi tagihan kartu kredit Anda.

3. Hindari ‘menggesek’ kartu kredit di tempat-tempat yang tidak bekerjasama dengan kartu kredit Anda. Hal ini bisa merugikan Anda, karena mesin kartu kredit yang tidak support dengan kartu kredit Anda biasanya akan dikenakan charge sebesar 3 persen.

4. Jangan pernah terlena dengan banyaknya penawaran kartu kredit yang menjanjikan banyak kemudahan dan keuntungan. Ingat, semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki, itu berarti Anda harus siap direpotkan dengan kewajiban membayar iuran setiap tahunnya. Apalagi, memiliki kartu kredit lebih dari satu mendorong nafsu belanja Anda semakin tak terkontrol.

5. Hindari mengambil uang cash pada kartu kredit, karena bunga yang ditanggung akan sangat besar.

6. Jaga informasi nomor kartu kredit Anda saat membeli barang secara online, karena nomor kartu kredit bisa disalahgunakan dan dipakai oleh orang lain. Jika ingin belanja online, pastikan juga tempat berbelanja tersebut sudah terpercaya.

7. Ceklah tagihan kartu kredit Anda setiap bulannya. Hal ini untuk menghindari kartu kredit Anda terpakai oleh pihak lain.

Dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s