Mencegah JetLag

Posted: May 23, 2009 in Catatan Harian

Bepergian ke luar kota menggunakan bus atau kereta, mungkin hanya akan membuat Anda lelah. Tapi, bepergian dengan pesawat melintasi wilayah dengan waktu berbeda dapat mengganggu pola makan dan tidur Anda; gejala yang umum disebut jetlag.

Jetlag adalah sebuah kondisi psikologis akibat adanya perbedaan waktu dari tempat keberangkatan ke daerah tujuan, sehingga tubuh kita dipaksa untuk menyesuaikan diri. Sebagian orang menyebut jetlag dengan circadian rhythms.

Tanda-tanda seseorang mengalami jetlag adalah mual, sulit tidur, tidak enak badan, emosi yang tidak stabil. Tak jarang, hal ini menjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas. Para ahli mengatakan, risiko jetlag lebih kecil pada perjalanan dari timur ke barat dibandingkan dari barat ke timur.

Untuk meminimalkan akibat jetlag, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

1. Pastikan Anda cukup tidur pada malam sebelum keberangkatan.

2. Selama penerbangan, hindari mengkonsumsi obat tidur, alkohol dan kafein. Minumlah air putih atau jus sebanyak-banyaknya untuk menghindari dehidrasi, karena udara dalam pesawat sangat kering.

3. Cobalah menggerakkan tubuh dengan berjalan-jalan di sekitar kabin pesawat untuk menghindari kaki menjadi bengkak akibat kurang lancarnya peredaran darah ke kaki karena terlalu lama duduk.

4. Sesampainya di tempat tujuan, sebaiknya segera sesuaikan jam biologis Anda, seperti jam makan dan tidur dengan waktu setempat. Hal ini akan membantu tubuh beradaptasi dengan perubahan waktu.

5. Biarkan tubuh Anda diterpa sinar matahari setelah sampai di tempat tujuan atau membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar. Sinar matahari akan memberi rangsangan pada sel-sel tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Dengan begini jam biologis tubuh akan lebih cepat beradaptasi waktu setempat.

6. Bila jadwal di tempat tujuan cukup padat, usahakan tiba di sana jeuh lebih awal, agar tubuh punya cukup waktu menyesuaikan diri.

7. Usahakan menjaga kebugaran tubuh dengan berolah raga, untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap prima.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s