Memaafkan Diri Sendiri

Posted: May 23, 2009 in Catatan Harian

Saat sebuah hubungan berakhir, Anda mungkin masih selalu menengok ke belakang. Ada rasa bersalah, mengapa membiarkan hubungan yang telah terjalin sekian lama itu bubar. “Andaikan waktu itu aku,…”

Ah, sudahlah! Lupakan saja semua itu. Biarkan semuanya berakhir. Bila rasa bersalah itu terus menerus dipelihara, Anda tak akan bisa beranjak. Untuk membantu Anda, Dr Phil McGraw memberikan beberapa sarannya:

1. Buka hati dan pikiran

Saat Anda mengalami sakit hati hebat, jiwa dan pikiran Anda tak akan berfungsi. Untuk itu, cobalah katakan pada diri sendiri, “Ya, semuanya sudah berakhir. Dan bukan karena apa-apa, bukan juga karena kesalahan saya”. Penerimaan akan keadaan akan membuat hati Anda lebih terbuka, dan siap menerima kemungkinan-kemungkinan baru yang menunggu di depan.

2. Sayangi diri sendiri

Menyalahkan diri, berarti Anda tidak menyayangi diri sendiri. Akibatnya, akan terus ada penyangkalan dan merasa bodoh telah menyebabkan hal-hal buruk terjadi. Hei, ingat, bila Anda tidak bisa memaafkan diri sendiri, Anda tidak akan bisa menyembuhkan sakit hati itu!

3. Bersikap tegas

Seringkali kita beranggapan, dalamnya perasaan sedih saat kehilangan seseorang, menggambarkan dalamnya rasa sayang kepada dia. Anggapan itu ada benarnya, memang. Tapi, bukan pula sebuah pengkhianatan jika Anda berusaha melupakan dia secepat mungkin. Melupakan rasa sakit, termasuk segala mimpi-mimpi yang pernah Anda bangun bersamanya.

4. Jangan siksa diri

Berikan waktu pada hati Anda untuk menyembuhkan diri. Manjakan diri, lakukan apa yang Anda suka. Bila hati Anda masih terluka, Anda pun tidak akan bisa membuka hati untuk orang lain.

5. Bangun hubungan baru

Saat Anda benar-benar sudah merasa siap, cobalah buka hati untuk orang baru memasuki kehidupan Anda. Lupakan masa lalu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s