Krisis Internal Pribadi

Posted: April 1, 2009 in Catatan Harian

Setelah bertahun-tahun berusaha keras membangun karir, seharusnya kepuasan telah didapatkan. Tetapi yang terjadi malah sebaliknya; lelah, kalah, dan seakan kehilangan jati diri karena terlalu tenggelam dalam pekerjaan. Pernah merasa seperti itu? Hm, Anda tidak sendirian.

Perasaan semacam itu muncul saat Anda terlalu keras berusaha, mengabaikan kondisi fisik dan psikis. Ini adalah sebuah titik jenuh. Namun jangan dulu berkecil hati, karena bila Anda telah berhasil melewati titik ini, berbagai kesempatan lain akan terbuka.

Sebelumnya, kenali dulu beberapa masalah pemicu krisis internal itu, dan segera atasi agar tak semakin berlanjut dan berakibat buruk.

1. Masalah kesehatan

Stres, lelah, akan memicu berbagai macam masalah kesehatan. Mulai sekarang, perhatikan kondisi fisik Anda, dan jalankan pola hidup sehat.

2. Mulai kehilangan ‘suara’

Saat sudah jenuh, Anda tak lagi punya keinginan untuk turut bersuara, berdiskusi, dan menyampaikan ide-ide Anda. Jangan pernah takut ditolak, dikritik, atau diejek atas semua pemikiran Anda. Sampaikan saja. Dengan begitu, Anda akan tetap ‘hidup’ dan terlibat dalam bidang pekerjaan yangAnda jalani.

3. Diremehkan

Senantiasa dianggap sebagai ‘anak bawang’, juga akan membuat Anda lelah dan cenderung memilih diam. Bila ini terjadi, kuatkan hati Anda, dan katakan pada diri sendiri, “Saya bisa diandalkan!”.

4. Terjebak masalah keuangan

Seberapapun uang yang Anda dapat, bila tidak dimanajemen dengan baik, akan mengalir lewat begitu saja. Mulai sekarang, atur alur keuangan Anda, tentukan skala prioritas: mana kebutuhan, mana keinginan.

5. Gagal menyeimbangkan karir dan keluarga

Bila Anda merasa lelah, jangan memaksakan diri melakukan semuanya sendiri. Minta bantuan anggota keluarga lain, atau orang lain untuk membantu Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s