Efisiensi Waktu Kerja

Posted: April 1, 2009 in Catatan Harian

Seberapa panjang pun waktu kerja Anda, bila tidak dimanfaatkan secara efisien, tidak akan pernah terasa cukup. pekerjaan tidak kunjung selesai, dan Anda pun kehilangan banyak energi tanpa membuahkan hasil yang diharapkan.

Efisien dalam bekerja, membuat segalanya lebih mudah dan cepat. Yang ruwet akan kelihatan gamblang, yang bertumpuk akan terasa enteng.

1. Langkah awal menuju efisiensi adalah merapikan meja kerja. Dengan begitu Anda bisa memilah mana yang sangat perlu dan yang bisa ditunda bahkan tidak perlu dikerjakan sama sekali.

2. Pilah semua pekerjaan yang ‘tersaji’ di meja kerja Anda hari ini. Sebaiknya kerjakan yang sudah ada ditangan Anda. Jangan mengulang pemilahan, karena hanya membuang waktu. Kerjakan satu persatu pekerjaan hingga tuntas, agar Anda tidak perlu bolak-balik mengulang-ulang lagi. Mengerjakan satu pekerjaan hingga benar-benar selesai,juga akan menyingkirkan sebagian beban dari meja kerja Anda.

3. Setelah pekerjaan selesai, dan pikiran Anda lega, susunlah rencana untuk esok hari. Dengan mengatur rencana, Anda jadi lebih bisa berkonsentrasi. Ini merupakan kunci sukses karier anda sebab sebuah pekerjaan jarang bisa dikerjakan sekaligus.

4. Bila ada sesuatu yang Anda rasa tidak beres, segera atasi sedini mungkin, agar tidak menjadi semakin besar dan mengganggu. Semakin berpengalaman dalam pekerjaan, Anda akan semakin jeli bila melihat ketidakberesan.

5. Jangan terlalu ikut campur dengan urusan teman sekerja, karena akan berakibat fatal bila akhirnya tak kunjung berkesudahan. tapi bukan berarti Anda harus menutup diri. Anda bisa mengira-ira sendiri lah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s