Menjalin Hubungan yang Sehat

Posted: February 9, 2009 in Catatan Harian

Hubungan dua orang sebagai pasangan, tentu akan mengalami pasang surut. Diperlukan usaha terus-menerus untuk membuatnya tetap bertahan. Berikut beberapa tips untuk Anda.

1. Perkenalkan teman-teman Anda

Sesekali ajaklah pasangan Anda bergabung dalam komunitas Anda. Perkenalkan pada semua teman, pria maupun wanita. Hal ini menunjukkan, tak ada yang istimewa antara Anda dan teman Anda, terlebih teman wanita, yang pantas Anda tutupi dari dia. Dengan kata lain, tak ada orang lain yang membuat Anda rela membohonginya.

2. Jangan ada rahasia

Jika ada hal-hal yang membuat Anda kecewa, bicarakan secara terbuka dengan pasangan. Ungkapkan kekecewaan dan harapan Anda secara sportif. Tunjukkan bahwa meski dia telah membuat Anda kecewa, tapi Anda masih menyayanginya dan akan selalu memberinya kesempatan untuk memperbaiki diri. Atau kalau kelemahan itu bukan sesuatu yang bisa diperbaiki, maka maafkanlah, dan terimalah pasangan Anda seperti apa adanya.

3. Berhenti membandingkan

Kebiasaan membandingkan, meski dalam khayalan sekalipun, tanpa Anda sadari hanya akan membuat cinta Anda kepada pasangan semakin berkurang. Dia mungkin bukan yang terbaik, tapi yakinilah bahwa dia adalah yang terbaik untuk Anda. Falsafah ini, selain akan menambah rasa sayang Anda terhadap pasangan, juga akan membuat Anda sadar diri dan berhenti berfikir “saya seharusnya mendapat yang lebih baik”.

4. Luangkan waktu

Menjalin Hubungan yang Sehat

Mungkin Anda adalah orang yang super sibuk, sampai-sampai terasa tidak ada waktu untuk beristirahat. Tapi, seberapapun sibuknya Anda, cobalah meluangkan waktu untuk pasangan. Luangkan 30 menit saja setiap hari, untuk sekadar mengobrol apa saja.

Bila memungkinkan, manfaatkan akhir pekan untuk kencan berdua dengan pasangan, tanpa harus membicarakan soal anak, rumah tangga apalagi pekerjaan.

Namun bila terasa terlalu berat, luangkan satu jam waktu Anda di hari Minggu untuk melakukan aktivitas berdua dengan pasangan, misalnya memasak atau mencuci pakaian atau aktivitas lain yang kelihatannya sepele tapi jika dilakukan bersama dengan pasangan akan menimbulkan kedekatan secara emosional.

5. Tunjukkan komitmen setiap hari

Lakukan sesuatu yang bermakna untuk pasangan Anda setiap hari. Bisa berupa pesan cinta atau menelpon. Jangan jadikan kebiasaan ini sebagai beban, tapi jadikanlah sebagai kebiasaan yang menyenangkan. Hal ini akan menunjukkan betapa istimewanya dia untuk Anda.

Fokus pada hal-hal manis yang dilakukan pasangan Anda untuk Anda, dan ingat, bahwa agar hubungan bisa tumbuh dan berkembang, diperlukan waktu dan usaha.

Comments
  1. Kalau perkenalkan dengan keluarga, perlu nggak?

  2. arX says:

    hmmm…

    kalo menurut Anda sudah yakin akan hubungan Anda, saya sarankan ANda segera berkenalan dengan keluarga si Dia dan begitu juga sebaliknya…

  3. riuisme says:

    gw bs g ya punya tmn yg oke?

  4. arX says:

    hmmm…oke dalam hal apa dlu nih?

    klo oke dalam bercerita2 alias curhat2…

    menurut saya, ya semua kembali pada diri Anda sendiri…kalo Anda bisa membuka diri untuk orang laen, besar kmgknan Anda memiliki teman yang oke…

  5. ci... says:

    mnrtq c te2p jaga komunikasi, klo memang ada waktu utk bertemu ya usahakan luangkan waktu utk ktemu.
    mnrt penglmn, aq dan pasanganq jarak jauh, klo emg hub udah komitmen ya usahakan te2p ada wktu ktmu, bs 1 ato 2 bln sekali. setidaknya untuk merefresh kmbali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s