Tipe Hubungan Cintamu

Posted: November 8, 2008 in Catatan Harian
Tags: ,

Selain ketertarikan secara fisik, alasan seseorang jatuh cinta adalah karena persamaan minat. Kata pepatah, burung sejenis cenderung terbang bersama.

Umumnya, pasangan bersifat saling melengkapi. Satu orang suka berargumen keras, sementara pasangannya selalu bersikap tenang, dan mampu meredakan. Karena itu, mereka dapat hidup bersama, merasa saling membutuhkan. Namun tak semua hubungan berpola seperti itu. Ada beberapa pola hubungan yang lain, yang menjelaskan kenapa seseorang bisa saling jatuh cinta.

Setiap kita membawa ‘cetak biru’ kepribadian yang tidak bisa diubah. Kepribadian ini sangat menentukan bagaimana sikap kita dalam memahami dan menghadapi sesuatu.

Secara tidak sadar, kita bisa ‘membaca’ kepribadian seseorang, termasuk pasangan kita. Biasanya, kita akan cocok dengan seseorang yang berkepribadian sejenis, namun sedikit berbeda, sehingga dapat melengkapi kita. Kita cenderung lebih suka kepada seseorang yang lebih dari kita, sehingga kita dapat belajar darinya.

Meski tidak ada yang sama persis, tetapi tipe hubungan ini lah yang palin umum. Di antara tipe-tipe berikut ini, manakah yang paling mirip dengan Anda?

Orangtua dan anak. Dalam pola hubungan ini, pasangan saling berbagi rasa ketergantungan dan kepercayaan. Salah satu di antara mereka sangat tergantung kepada pasangannya, namun sang pasangan sama sekali tidak merasa terganggu, justru menikmati perannya sebagai pelindung. Ia bangga menjadi pahlawan bagi pasangannya. Karena itu, pasangan ini bisa cocok.

Majikan dan pelayan. Masih ingat lirik lagu Britney Spears, I’m a slave for you…Ya, dalam pola hubungan ini, salah satu berperan sebagai pelayan, budak, dan satunya lagi menjadi majikan. Mungkin Anda berpikir, siapa yang mau diperbudak oleh cinta? Tapi ini memang terjadi. Bisa jadi ini karena rasa ketergantungan yang sangat kuat kepada pasangan, sehingga mau melakukan apa saja untuknya.

Si penjaga jarak. Pasangan ini menghindari keintiman yang berlebihan, namun mereka sangat cocok. Mereka tak suka menunjukkan komitmen yang serius, tetapi memiliki ikatan tak terucap yang kuat. Bagi mereka, tak perlu terlalu sering mengumbar kata cinta ataupun menunjukkan kemesraan.

Pemuja dan idola. Ada juga pasangan yang menempatkan sang pujaan hati sebagai orang yang benar-benar dipuja.

Pasangan kompak. Anda pasti pernah melihat pasangan semacam ini. Biasanya, kalangan anak muda atau ABG. Mereka benar-benar kompak. Tak hanya soal pakaian, pasangan ini juga memiliki komunitas, hobi, dan ketertarikan yang sama.

Kucing dan anjing. Tak jarang pula kita melihat pasangan macam ini. Jika bertemu, mereka senantiasa bertengkar atau berdebat, namun hubungan cinta mereka baik-baik saja.

Tipe-tipe ini tidak bersifat tetap. Mungkin saja, saat remaja, Anda sangat kompak dengan pasangan. Saat mulai dewasa, hubungan cinta Anda akan berubah menjadi tipe orangtua-anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s