Jamie Darryl O’Hara

Posted: March 12, 2008 in Profil

Anggota Rezim Baru Juande

Jelas, kita tidak bicara soal keturunan Scarlett O’Hara, tokoh utama novel roman seputar zaman Perang Sipil AS, Gone With The Wind. Jamie Darryl O’Hara adalah tokoh nyata. Dialah gelandang Tottenham Hotspur kelahiran Dartford, Kent, pada 25 September 1986.

Jamie O’Hara, melejit bersama Spurs karena Juande Ramos dan Millwall. O’Hara masih muda dan ia jelas menjadi salah satu harapan tim nasional Inggris masa datang. Ini dengan syarat, kariernya berjalan dengan mulus.

Well, setidaknya ia telah melewati hampir semua jenjang tim nasional. Mulai dari U-16, U-17, dan U-18. Saat ini, O’Hara adalah anggota Inggris U-21, meski belum pernah sekali pun diturunkan oleh pelatih Stuart Pearce.

“Dipanggil masuk Inggris U-21 adalah segalanya. Saya sangat terkesima. Sudah lama saya tak membela Inggris, tidak sejak berada di tim U-18,” kata O’Hara, seperti dikutip dari The Daily Mail.

O’Hara memang masih butuh jam terbang yang lebih lama untuk bisa tampil sebagai salah satu anggota skuad Inggris U-21. Untungnya karier O’Hara di Spurs saat ini bisa dikatakan menanjak. Setidaknya ia adalah anak kesayangan manajer klub itu, Juande Ramos.

Meski demikian, bukan berarti langkah O’Hara menuju apa yang dilakukannya untuk Spurs sekarang diawali dengan langkah mulus.

O’Hara pertama kali bergabung dengan Spurs pada level U-17, pada Januari 2003. Dia datang dari Arsenal, di mana ia sempat mengenyam pendidikan sepakbola di akademi klub rival Spurs itu.

Sejak itu, perkembangan O’Hara meningkat. Secara umum, ia bermain di lapangan tengah. Ia memiliki kaki kidal yang ampuh untuk urusan bola mati ataupun open play. Kadang ia juga pernah diminta untuk bermain di sayap kiri dan hasilnya juga tidak mengecewakan.

Setelah mendapat satu tempat tetap di tim cadangan Spurs, yang dilatih Clive Allen, O’Hara dipinjamkan ke Chesterfield pada akhir musim 2005-2006. Ia tampil sebanyak 19 pertandingan di divisi satu dan membuat lima gol.

Memasuki musim ini, pada 24 Agustus 2007, O’Hara kembali dipinjamkan ke klub lain. Kali ini ke Millwall. Di klub itu, O’Hara juga menjadi pujaan suporter. Ia menjadi pemain inti pada 10 pertandingan, berperan sebagai pemain pengganti pada empat laga, dan membuat dua gol.ohara.jpg

Awalnya Spurs hanya meminjamkan O’Hara selama satu bulan, namun masa pinjaman itu pun berlanjut. Akhirnya, O’Hara kembali ke Spurs dan melakukan debutnya untuk klub itu di Premier League melawan Portsmouth pada 15 Desember tahun lalu. Ia melakukan full debut melawan bekas klubnya, Arsenal, sepekan kemudian.

Berkat Ramos

Gol pertama yang dibuat O’Hara untuk Spurs tidak terjadi di Premier League, melainkan pada kompetisi Eropa, Piala UEFA. Saat itu, 21 Februari lalu, Spurs menjamu Slavia Praha di White Hart Lane pada babak 32 besar. Spurs dibawanya melaju ke babak berikut.

Menurut O’Hara, sukses kilat yang dicapainya bersama Spurs disebabkan oleh dua hal: Ramos dan Millwall.

“Saya tidak berada di sini ketika Ramos datang pertama kali, namun saya sangat menikmati keberadaannya. Saya sangat menyukai two-touch football. Selain itu, Ramos datang dengan membawa ide-ide baru. Sebuah rezim baru sedang terbentuk di Spurs. Saya sangat menghargainya karena ia memberi kesempatan kepada saya untuk unjuk gigi. Bisa bermain di tim inti adalah segalanya,” kata O’Hara.

Lalu Millwall? O’Hara mengakui bahwa ia mendapat segudang pengalaman selama dua bulan berada di The Den. “Dua pekan pertama sungguh berat. Adaptasi gaya permainan dan yang paling penting adalah menimbulkan kembali ketajaman permainan saya. Saya tidak terlalu fit ketika tiba pertama kali,” kata O’Hara, yang kembali ke Spurs dalam kondisi sangat fit.

Banyak yang harus dikerjakan O’Hara agar namanya bisa terus berada di tim inti White Hart Lane. Apalagi jika O’Hara bisa berlaga dengan memakai seragam senior The Three Lions. Ya, masih banyak yang harus dilakukan seorang Jamie O’Hara!

(bolanews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s